Frichles Kristianto Simanjuntak
NIM 1432044
Akuntansi
Investasi Saham
Saham
adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang
menuju pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan.Dengan menerbitkan saham,
memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang
untuk ‘menjual’ kepentingan dalam bisnis – saham (efek ekuitas) , dengan
imbalan uang tunai. Ini adalah cara utama untuk meningkatkan modal bisnis
selain menerbitkan obligasi.
Saham
dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary
market).
KARAKTERISTIK
1.
SAHAM PREFEREN
Memiliki karakteristik
sebagai berikut ;
· Memiliki berbagai
tingkat, dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda
· Tagihan terhadap
aktiva dan pendapatan, memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam
hal pembagian dividen.
· Dividen kumulatif,
bila belum dibayarkan dari periode sebelumnya maka dapat dibayarkan pada
periode berjalan dan lebih dahulu dari saham biasa
· Konvertibilitas,
dapat ditukar menjadi saham biasa, bila kesepakatan antara pemegang saham dan
organisasi penerbit terbentuk
2.
SAHAM BIASA
Memiliki karakteristik
sebagai berikut ;
· Hak suara pemegang
saham, dapat memillih dewan komisaris.
· Hak didahulukan,
bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru.
· Tanggung jawab
terbatas, pada jumlah yang diberikan saja.
KATEGORI
Bila ditinjau dari
kinerja perdagangan, saham dapat dikelompokkan menjadi:
· Blue chip stocks
Saham biasa yang
memiliki reputasi tinggi, sebagai pemimpin dalam industrinya, memiliki
pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen.
· Income stocks
Saham suatu emiten
dengan kemampuan membayarkan dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen yang
dibayarkan pada tahun sebelumnya.
· Growth stocks
Terdiri dari well-known
dan lesser-known
· Speculative stocks
Saham secara
konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun, mempunyai kemungkinan
penghasilan yang tinggi di masa mendatang, namun belum pasti.
· Counter cyclical
stocks
Saham yang tidak
terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum
Penulis adalah mahasiswa jurusan akuntansi
Universitas Advent Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar